Your Ad Here Jokowi: Enjoy Jakarta, yang Di-enjoy Itu Apa Sebenarnya? ~ Tips dan Trik Berbagai Macam Ilmu

Thursday 22 November 2012

Jokowi: Enjoy Jakarta, yang Di-enjoy Itu Apa Sebenarnya?

Jakarta - Hampir 40 hari Joko Widodo resmi menjadi Gubernur DKI Jakarta. Selama itu pula dirinya berupaya merumuskan positioning Jakarta yang mampu menunjukkan keunikan dan keunggulan yang mampu menjadi daya tarik dibandingkan megapolitan lain di dunia.

Tagline berbunyi 'Enjoy Jakarta' yang dipakai untuk menarik wisatawan, juga dia nilai belum menunjukkan keunikan. Terlalu abstrak dan tidak menunjukkan secara spesifik keunikan atau identitas Jakarta dibanding kota-kota lain di dunia.

"Brand yang sekarang itu 'Enjoy Jakarta', tapi yang di-enjoy itu apa sebenarnya? Saya juga nggak ngerti. Hahaha....," ujar pria yang akrab dipanggil Jokowi itu disambung tawa.

"Saya memang mencari apa yang mau diangkat dari kota ini. Kalau dengar Paris, orang langsung mikirnya mode, itu positioning. Kalau ke Jakarta, orang mikirnya apa?" tanyanya kepada hadirin diskusi Pekan Produk Kreatif Indonesia 2012 "Indonesia Creative Power", Kamis (22/12/2012).

"Macet...," jawab hadirin yang bergema di Epiwalk, Jl. HR Rasuna Said, Kuningan, Jakarta Selatan, yang menjadi lokasi acara.

"Kok macet? Bukan macet, tapi banjir..." balas Jokowi disambut gelak tawa hadirin.

Menurutnya sebenarnya produk kreatif dapat didorong menjadi keunggulan unik Jakarta di tataran dunia. Di antaranya produk busana muslimah yang melahirkan banyak desainer muda dan industri berkembang sangat pesat beberapa tahun terakhir.

"Misalnya fashion, supaya berbeda dengan Paris maka dorong fashion muslim. Itu misalnya. Terserah masyarakat maunya apa, baru dibangun positioningnya. Saya maunya begitu," ujar Jokowi.

Bersamaan dengan itu, Jakarta perlu menambah jumlah ruang publik bagi warga. Di ruang-ruang publik itu nanti para pekerja industri kreatif memperkenalkan dan menjual karya-karya mereka langsung kepada masyarakat.

"Pemerintah harus bisa memberikan ruang yang bisa memamerkan produk kreatif langsung ke masyarakat. Saya sudah ngobrol sama Bu Mari Elka (Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif), yaitu harus adanya public area space. Dengan adanya ruang seperti ini, menjadi menarik sekali," paparnya.

0 comments:

Post a Comment

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | cheap international calls